KenariMall.com

Senin, 17 November 2008

SPEEDY WARNET VS SPEEDY OFFICE

Sekarang ini lagi musim warnet, banyak yang mencoba peruntungan di sektor ini. Jadi rame-ramelah mereka bikin Warnet, bak jamur di musim hujan. Saking pengen laku macam-macam cara dilakukan untuk menarik pelanggan, demi meraup keuntungan besar terkadang mereka merugikan kompetitor lain, contohnya menggunakan speedy office untuk warnet. Telkom juga sih kasih lampu hijau. Kabar terakhir, telkom lagi mendata ulang warnet on the speedy office ini, kurang tahu juga mau diapain. Disuruh bikin kesebelasan kalee, lhooo kok jadi main bola he he he
Kita sih percaya bahwa harga tak pernah bohong. Jadi kabar gembira jika kumalanet tetap pake speedy warnet, walaupun terseok-seok menghadapi kompetitor. Kita tidak rakus meraup keuntungan. Boro-boro untung, 6 bulan terakhir kita tekor alias nombokin tapi kepuasan client/user tetap kita perhatikan, tapi mohon maaf bagi yang suka buka situs porno dan violence, kebanyakan situs sudah blok di proxy server. Makanya antar PC client tidak disekat pakai privacy segala. 6 tahun punya warnet yo tetep keree... kasihan buanget deeh.. he he he.. keep survive..

Bikin hotspot yo ada yang pengeen, ngga pa pa sih asal dibekali ilmu dan kemampuan, yang parah dan lucu, pengen tapi maunya terima beres (kok seperti SULAP)... Simsalabim....
kita bikin juga dari proses belajar, ada prosesnya dan itu perlu waktu. Idenya sih dari 3 tahun yang lalu, lhoo kok baru sekarang muncul?? Yaa iyaalah masa ya iya dong, posisi kita kan lagi terjepit, harus tetap fighting. Oke lah sobat wifier, tegang amaat.. itu hanya intermesoo, sebaiknya simak dulu dibawah ini, baca yaa biar semangkin pinter :

---------------------------------------
Speedy unlimited warnet dengan Speedy unlimited office itu tidaklah sama. Dari harganya aja udah beda ya kan… Banyak orang yang engga tahu perbedaannya. Di sini saya coba menjelaskan perbedaan dari Saudara kembar yang berbeda kemampuan itu.
Menurut para ahli dari BCC (Broadband Care Center) Speedy unlimited warnet dan Speedy unlimited office itu terletak pada QoS alias Quality of Service. Baca bener-bener ya, jangan kelewat satu huruf sekalipun, karena akan fatal akibatnya :(Speedy unlimited warnet :
1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
2. Harganya Rp. 1.750.000,00 sebelum PPn 10% dan bea materai
3. Kuotanya unlimited
4. QoS bandwidth 32 kB/s (kurang lebih 256 kbps). Artinya minimal anda akan mendapatkan speed tidak kurang dari 32 kB/s (walaupun speed upto 384 kpbs yang dijaminkan telkom adalah speed dari modem sampai BRAS)
5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 2 hari
Speedy unlimited office :
1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
2. Harganya Rp. 750.000,00 sebelum PPn dan bea materai
3. Kuotanya unlimited
4. QoS bandwidth 16 kB/s (kurang lebih 128 kbps). Artinya minimal anda akan mendapatkan speed tidak kurang dari 16 kB/s. Padahal speedy teorenya bisa sampe 48 kB/s
5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 3 hari

Tarif baru speedy mulai 1 April 2007
Seperti kita ketahui bersama bahwa koneksi intenet broadband speedy jika jam - jam sibuk koneksi internasionalnya selalu melambat dibandingkan jika mengakses diatas jam 11 malam. Kalo menggunakan speedy unlimited office, di cuaca yang cerah, menyegat, atau mendung di kala siang bolong kecepatan link internasionalnya berada pada kisaran 18-24 kB/s. Kalo di malam yang gelap gulita dan hening di mana hanya ada suara jangkrik dan burung hantu serta serigala yang melolong dapetnya bisa 38-43 kB/s.
Hal yang agak sedikit menggembirakan hati kalo pake Speedy unlimited warnet, ketika siang (jam sibuk) kecepatan link internasional dapetnya selalu diatas 30 kB/s.
Please get attention to this, Speedy unlimited warnet dan office kan selalu di sharing lagi ke beberapa komputer, pasti akan terasa lagi perbedaannya yang sungguh signifikan. Ketika speedy unlimited office disharing ke lebih dari 10 komputer dan mereka mengakses internet secara bersamaan, pasti akan terasa sangat lambat. Seandainya speedy unlimited office dishare ke lebih dari 10 PC kantor lebih baik gunakan server lagi dengan manajemen bandwidth yang baik, kalau engga dor dor dor …… tewas koneksinya ….
Lain halnya dengan speedy unlimited warnet, ketika dishare ke lebih dari 10 PC tanpa menggunakan server, speednya masih lumayan bisa “bertahan”.
Ada anak bertanya pada Bapaknya “Bisa gak sih speedy unlimited office dipakai untuk warnet”. Bapak menjawab “Rasanya sih bisa, asal kamu bisa yakin kalo QoS 16 kB/s itu cukup untuk warnet kamu. Sementara urusan legal atau tidak, Bapak engga tau pasti”.
Kalo Anda mau membuka warnet kecil-kecilan (kurang dari 6 PC client) coba pake paket speedy time based. Kenapa ? Karena dari segi harga sangat reasonable sekali, sebulan Rp. 200.000 sudah mendapatkan jatah 50 jam, kelebihannya Rp. 25 / menit sama dengan Rp. 1.500 / jam.
Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai koneksi internet broadband speedy :
1. Speed 64/384 kbps adalah speed yang dijaminkan oleh telkom dari modem sampai BRAS, urusan setelah BRAS ke gateway internasional dapet speednya kurang dari itu ya bukan urusan TELKOM. :p
2. Jika anda ingin berlangganan speedy, tanyakan dulu ke 147 apakah nomor telepon anda dapat digunakan. karena banyak yang kecewa karena teleponnya tersambung dengan FO serta WLL (bukan kabel fisik tembaga)
3. Pastikan kondisi kabel telepon setelah DW menuju ke modem dalam kondisi yang prima (kalo bisa sih pake kabel twisted dengan diameter tembaga 0,6 mm)
4. Gunakan modem yang teruji “tahan banting” dan awet. Jangan ragu bertanya kepada rekan - rekan anda mengenai hal ini.
5. Setelah anda berlangganan pastikan kondisi SNR margin diatas 25 dB dan line attenuation dibawah 10 dB. Semakin besar nilai SNR margin dan semakin kecil nilai line attenuation maka kualitasnya semakin baik
6. Apabila anda mengambil paket limited, pastikan komputer anda bersih dari virus/trojan/downloader dll. Biasakan mematikan modem apabila tidak digunakan (apalagi untuk speedy time based)
7. Speedy unlimited warnet dan office akan mendapatkan IP address static, sedangkan speedy limited personal, professional dan time based akan mendapatkan IP address dynamic.
8. Modem ADSL seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan kualitas, jadi jangan heran jika nantinya setelah lebih dari setahundigunakan performanya menurun. Indikasi yang paling mudah terlihat adalah lamanya proses connecting modem ke DSLAM.
9. Semakin dekat posisi anda dengan sentral telepon (MDF) maka semakin baik kualitas sambungan speedy anda.
10. Kualitas sambungan speedy akan sangat dipengaruhi oleh kualitas kabel dan besarnya interferensi yang memengaruhi.
Segitu aja sih review saya mengenai speedy ini. Untuk daftar istilah kan bisa tanya sama mbah google atau ke wikipedia. OK
Sumber : http://albachtimi.wordpress.com/2008/02/05/speedy-office-speedy-warnet/

0 komentar:

Posting Komentar

kekgiyak.com

kekgiyak.com
Toko Lingerie Murah terpercaya