KenariMall.com

Rabu, 26 November 2008

Empat Warga Korea Bobol 11 juta Data Pelanggan

SEOUL - Kepolisian Korea Selatan menahan empat orang tersangka yang membobol data 11 juta data pelanggan perusahaan minyak lokal.

Seperti dikutip Cellular-News, Senin (8/9/2008), peristiwa itu merupakan pencurian data paling besar yang pernah terjadi di Korea Selatan.

Menurut, keterangan kepolisian setempat, dari keempat tersangka, dua di antaranya adalah pekerja perusahaan minyak, GS Caltex. Satu orang tersangka, diduga bernama keluarga Jeong dan bekerja sebagai pegawai Call centre GS caltex, pegawai lainnya adalah seorang pegawai perempuan. Kedua pegawai itu dibantu oleh kedua rekan Jeong, dan berhasil melakukan aksi pembobolan selama bulan Juli hingga Agustus 2008. Keempatnya kini dikenai pasal tentang undang-undang perlindungan informasi pribadi.

Polisi berhasil mengungkap peristiwa itu, setelah menemukan CD dan DVD yang memuat data tentang nama, nomor identitas, dan alamat e-mail 11 juta pelanggan GS Caltex di sebuah tempat pembuangan sampah.

Pembobolan data pelanggan merupakan pelanggaran hukum, umumnya bertujuan untuk kepentingan komersial atau disalahgunakan untuk tujuan kriminal. Data-data yang berhasil dicuri memuat nama-nama pelanggan GS Caltex, termasuk nama-nama politisi Korea Selatan, dan instansi pemerintah Korea.

Kasus pembobolan data oleh para Hacker di Korea selatan sebelumnya terjadi pada bulan Februari dan Mei 2008. Di bulan Februari, sebanyak 10,8 juta data pengguna Internet, yang terkoneksi dengan situs eBay, berhasil dibobol hacker Korea Selatan. Sedangkan pada Mei 2008, giliran data LG Telecom menjadi korban pembobolan. (srn)

0 komentar:

Posting Komentar

kekgiyak.com

kekgiyak.com
Toko Lingerie Murah terpercaya