KenariMall.com

Rabu, 26 November 2008

Mouse Komputer Akan Jadi Barang Langka


LONDON - Gerak bebas menjelajah komputer menggunakan mouse komputer diprediksi akan berlangsung tidak lama lagi. Hal itu diramalkan oleh beberapa ahli peneliti pasar yang mengatakan bahwa inovasi layar sentuh akan segera menggeser posisi mouse komputer.

Gelagat layar sentuh bakal menggantikan mouse komputer sebenarnya sudah terlihat dari meluncurnya iPhone keluaran Apple dan meledak di pasaran, menyusul diikuti oleh Nokia dan beberapa ponsel pintar lainnya. Seperti diketahui, pengguna iPhone atau iPod touch cukup menggerakkan jari di atas layar untuk menggunakan handset mereka.

Bahkan yang terbaru, perusahaan TI terbesar, Hewlett-Packard, sudah menciptakan sebuah personal computer (PC) dengan monitor layar sentuh, yang dibuntuti oleh Apple dengan membuat sebuah laptop yang dilengkapi dengan trackpad. Konon trackpad ini bisa digunakan cukup dengan bermodalkan gestur dua atau tiga jari saja. Selanjutnya, berhembus kabar bahwa Microsoft tak mau kalah dengan turut membuat Windows 7 kompatibel dengan layar sentuh.

Menurut prediksi yang dikeluarkan oleh vice president di Gartner, Steve Prentice, kemunduran mouse komputer akan dimulai lima tahun mendatang, diawali dengan keengganan pengguna laptop untuk memberdayakan mouse. Selanjutnya, hal itu akan menular ke pengguna desktop yang lebih suka dengan fleksibilitas trackpad model baru.

"Kemunduran mouse akan semakin dipercepat dengan makin menjamurnya inovasi 3 dimensi yang semakin mendukung pergerakan yang lebih bebas. Selain itu, pertumbuhan aplikasi multimedia semakin mendorong kecenderungan konsumen untuk menggunakan sebuah piranti keras secara alami, tanpa alat bantu apapun," terang Prentice seperti dilansir dari Newsday, Kamis (20/11/2008).

Maraknya kabar tersebut dibantah oleh produsen mouse dan periferal komputer ternama. Logitech International memang membenarkan bahwa layar sentuh akan merajai dunia TI, namun mereka menyangkal bahwa mouse akan ditinggalkan begitu saja oleh penggunanya.

"Saya tidak melihat adanya kemungkinan bahwa dunia akan mengesampingkan keefektifan dari mouse dan keyboard," tukas direktur pemasaran produk Logitech, Erik Charlton.

Sebagai informasi, terciptanya sebuah mouse bermula di tahun 1968 dan dikembangkan oleh sebuah institusi penelitian yang kini dikenal sebagai Stanford Research Institute. Kini, pengembangan layar sentuh sedang digodok serius di Microsoft Technology Center yang bermarkas di Manhattan. Di pusat penelitian tersebut, para pengunjung bisa merasakan sendiri sensasi menggerakkan jari mereka di atas permukaan layar komputer yang diberi nama Surface. Komputer Surface ini sendiri, memulai debut komersialnya sejak Juli tahun ini dengan dipersenjatai oleh layar 30 inchi yang bisa ditepuk, diputar, memperbesar atau memperkecil sebuah obyek, semudah mengoperasikan program paint brush.

0 komentar:

Posting Komentar

kekgiyak.com

kekgiyak.com
Toko Lingerie Murah terpercaya