KenariMall.com

Rabu, 26 November 2008

Penyusup Akun Yahoo Palin Ternyata Anak Politisi


WASHINGTON - Baru saja publik dikagetkan dengan berita terbongkarnya akun surat elektronik milik Sarah Palin, bakal calon wakil presiden dari kubu Partai Republik, kali ini datang pengakuan dari seseorang yang mengklaim dirinya yang menyusup akun Yahoo Palin.

Penyusup itu berhasil menyamar dan mendapatkan password Palin dengan menebak informasi tentang pertemuan Palin dan suaminya, serta bermodalkan tanggal ulang tahun Palin dan kode pos rumahnya.

David mendapat petunjuk tentang kapan dan di mana Palin bertemu suaminya, Todd, ketika Palin berpidato di Republican National Convention. Dengan detail pribadi yang dipunya, ia menipu layanan e-mail Yahoo dan mengganti password lama Palin menjadi 'Popcorn'.

Kronologis pembongkaran tersebut dibeber secara luas oleh sang hacker di sebuah situs tempat peristiwa hacking ini pertama kali terungkap.

Kejahatan dunia maya ini sudah ditindak pihak FBI dan Secret Service dengan hasil penyelidikan yang mengejutkan. Dilaporkan bahwa tersangka hacker adalah putra dari anggota pembuat undang-undang dari Partai Demokrat bernama Mike Kernell, yang bertempat tinggal di Tennese.

Penyelidikan dilakukan dengan melacak penggunaan e-mail milik putra Kernell, David, yang berusia 20 tahun dan masih tercatat sebagai murid di University of Tennessee-Knoxville.

Kernell yang masih aktif bekerja di Tennessee's House of Representatives mengaku belum ada pihak berwenang yang menghubunginya, namun ia sudah mengetahui spekulasi yang anaknya buat.

Hacker yang secara sukarela mengaku pada publik dan belum jelas jenis kelaminnya ini menggambarkan dirinya dengan istilah 'lurker' dan mengklaim dirinya tidak bermaksud jahat dengan menyusupi akun pribadi Palin. Ia mengaku hanya menemukan data-data pribadi Palin di situ.

"Saya hanya menemukan data-data pribadi, data-data administrasi ketika Ia menjabat gubernur, dan beberapa foto keluarganya," aku hacker muda itu dalam keterangannya di Times Online, Sabtu (20/9/2008).

Dengan adanya kejadian ini, banyak pihak yang meragukan sistem keamanan e-mail Yahoo. Layanan 'forgot-my-password' yang disediakan Yahoo sebenarnya bertujuan untuk menolong atau mengubah password dengan mengkonfirmasi beberapa informasi pribadi seperti tanggal ulang tahun, kode pos rumah, dan jawaban dari pertanyaan rahasia yang hanya diketahui oleh pihak bersangkutan.

Sebagai informasi, dengan meluasnya berita ini, tersiar juga bahwa Palin kadang-kadang menggunakan akun Yahoo untuk mengurus masalah bisnis resmi Alaska, negara bagian yang pernah ia pimpin, sedangkan hal ini sebenarnya bisa bertentangan dengan hukum di Alaska.

Pihak Yahoo sendiri sampai sekarang belum memberikan komentarnya dengan alasan menghargai privasi Palin dan menjaga sensitivitas penyelidikan. (jri)

0 komentar:

Posting Komentar

kekgiyak.com

kekgiyak.com
Toko Lingerie Murah terpercaya