KenariMall.com

Rabu, 26 November 2008

Gunakan Password Musik Agar Lebih Aman


JAKARTA - Masalah password terbobol akan segera teratasi. Bila tak ada aral melintang dan mendapat persetujuan dari pihak berwenang, era baru dalam hal keamanan tak melulu menggunakan kata tapi juga nada musik.

Para ahli teknologi melihat makin banyaknya kasus hacking yang menimpa orang awam sampai institusi tinggi sebagai celah yang bagus, mengingat di zaman yang serba digital seperti sekarang hampir semua kegiatan dilakukan secara online dan tentu saja membutuhkan kata kunci. Sepasang peneliti dari Universitas Carelton di Ottawa, Kanada menemukan solusi untuk masalah yang sudah berlarut-larut ini. Mereka menciptakan pengidentifikasi digital seperti foto, lagu, bahkan video klip untuk dijadikan password.

Ide ini merupakan tindakan lanjutan yang sebelumnya digagas oleh Mohammad Mannan dan P.C van Oorschot dengan istilah object-based password scheme atau ObPwd. Metode ini mengubah pengidentifikasian digital menjadi kata kunci yang aman dan anti bobol serta memudahkan pengguna apabila suatu ketika lupa dengan password.

"ObPwd memungkinkan pengguna memilih media apapun, baik foto, potongan musik atau petikan kata dari buku, untuk menjadi kata kunci pribadi. Kami percaya dengan memilih obyek digital sebagai password maka akan menjadi alternatif menarik dan menjaga kualitas keamanan password itu sendiri," terang kedua ilmuwan dari Kanada itu seperti yang dikutip dari Daily Telegraph, Selasa (9/9/2008).

Para ilmuwan tersebut menjanjikan password jenis baru ini akan jauh lebih mudah diingat dan lebih susah untuk dibobol hacker. Penggunaan password ini pun tidak seperti kata, yang bisa ditemukan di kamus, sehingga bisa didobrak hacker dengan bantuan perangkat lunak.

Bagaimanapun penemuan baru ini bukanlah solusi terbaik untuk keamanan di dunia maya bila user menggunakan foto yang mereka pajang di Friendster atau Facebook sebagai password digital mereka, karena hal tersebut sudah gampang ditebak hacker. Oleh sebab itu terobosan ini masih menunggu lampu hijau dan dukungan dari komunitas teknologi untuk membuktikan seberapa bergunanya password digital untuk menjadi tameng dari para hacker. (srn)

0 komentar:

Posting Komentar

kekgiyak.com

kekgiyak.com
Toko Lingerie Murah terpercaya