KenariMall.com

Rabu, 26 November 2008

S'to: Admin Bertanggung Jawab Hindari Hacker


JAKARTA - Hidup mati sebuah situs ada di tangan admin-nya. Oleh karena itu, seorang admin dituntut untuk menjadi yang pertama mengetahui isu keamanan, dengan cepat.

"Pekerjaan seorang admin itu sangat penting, dan gampang-gampang susah. Kita mesti mengenal lingkungan jaringan di sekitar. Untuk menghindari sebuah situs kesusupan hacker, maka seorang admin harus menjadi orang pertama yang mengetahui isu-isu keamanan jaringan," ujar pendiri komunitas hacker terbesar di Indonesia, Jasakom, Susanto, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (6/11/2008).

Pria yang lebih dikenal dengan nama S'to ini menyatakan bahwa isu keamanan jaringan selalu datang tidak dalam hitungan hari, melainkan dalam hitungan detik. Itulah yang dianggap S'to sebagai pekerjaan sulit bagi seorang admin. Karena dengan demikian, seorang admin situs harus meng-update software yang digunakan dalam situsnya secara berkala.

"Yang harus dilakukan seorang admin situs adalah mengupdate isu yang ada setiap waktunya, dan juga meng-update software yang mereka gunakan selama ini. Sebagai admin, kita mesti jadi yang pertama tahu," papar S'to.

Hal ini pula yang seharusnya dilakukan oleh seorang admin situs, khususnya situs milik pemerintah yang selalu menjadi sasaran dedemit dunia maya.

Bahkan menurut S'to, seorang hacker memiliki dua tujuan dalam melakukan aksinya, yaitu mencari popularitas dan juga tujuan politik.

"Hacker biasanya mengincar situs-situs besar karena dengan demikian popularitas yang ia dapat akan semakin besar pula. Namun jika mereka mengincar tujuan politik maka mereka hanya akan menyerang situs-situs pemilik kebijakan," tandas S'to.

Sayangnya, saat ditanya mengenai komunitas yang bernama Yogyacarderlink, S'to mengaku tidak terlalu mengenal mereka. Bahkan S'to hanya mengetahui nama mereka dari media-media yang memberitakan bahwa komunitas tersebut hanyalah komunitas hacker yang sering mengganggu situs pemerintah.

"Pastinya perilaku mereka itu sudah tergolong pelanggaran hukum," tandas S'to. (srn)

0 komentar:

Posting Komentar

kekgiyak.com

kekgiyak.com
Toko Lingerie Murah terpercaya