KenariMall.com

Rabu, 26 November 2008

Yogyacarderlink Tidak Sama dengan Yogyafree

JAKARTA - Nama 'Yogya' selalu dikaitkan dengan kegiatan hacker. Ada Yogyacarderlink, ada pula Yogyafree. Meskipun sama-sama komunitas hacker, keduanya sangatlah berbeda

"Yogyafree dan Yogyacarderlink tidak ada hubungan secara fungsional maupun secara struktural. Tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang member yang menjadi anggota kedua komunitas ini secara bersamaan," ujar Nathan Gusti Ryan, moderator mailing list Yogyafree, komunitas white hacker di Indonesia, melalui balasan emailnya kepada Okezone, Senin (10/11/2008).

Menurut Nathan, moderator, pengasuh dan pembimbing Yogyafree pastinya selalu mengarahkan membernya ke tujuan yang lebih positif, baik dalam hal security system, wawasan tentang hacking, maupun strategi preventif-nya. Sedangkan kemampuan tentang Deface atau Attacking web server lain serta metode penyerangan atau perusakan terhadap pihak lain, itu merupakan kejahatan atau kriminal.

"Jadi semua itu merupakan tindakan pribadi, bukan dari pengelola Yogyafree. Bahkan diskusi tentang carding yang berlangsung di milis Yogyafree akan langsung di delete oleh moderator," papar Nathan.

Ditanya mengenai Yogyacarderlink, Nathan sendiri tidak mengetahui pasti mengenai komunitas ini. Namun ia menyebutkan bahwa Yogyacarderlink merupakan komunitas carder dan black hacker yang bisa ditemui melalui IRC Dalnet dengan channel #Yogyacarderlink.

Menurut Nathan, saat ini memang susah membedakan kemampuan hacker dalam hal carding, hacking dan cracking. Pasalnya tidak jarang seorang hacker yang memiliki kemampuan ketiganya.

"Jadi menurut saya, nama #Yogyacarderlink sebetulnya pada awalnya hanyalah komunitas carding. Tapi pada perkembangannya anggotanya mendalami teknik hacking. Dan lebih fatalnya, digunakan untuk kepentingan Negatif atau merusak dan memberikan pesan dan kesan Adudomba," ujar Nathan.

Bahkan, lanjut Nathan, kata Yogya digunakan oleh para black hacker tersebut untuk melegendakan nama Kota Yogya.Sebab kota ini merupakan sarang Hacker.

"Kenapa Yogya menjadi sarang Hacker? karena Kota Yogya adalah tempat yang subur untuk bertumbuhnya virus-virus Hacker dan Yogya adalah kota pendidikan dimana dalam menentukan segalanya sangat diperlukan Riset, Praktek, uji kemampuan, mencari jati diri dan lainnya," tandas Nathan. (srn)

0 komentar:

Posting Komentar

kekgiyak.com

kekgiyak.com
Toko Lingerie Murah terpercaya